Kamis, 03 Juni 2010

Lack of Initiative

tadi abis dimarahin *abis2an* ama si Nyonya
gara2 apa? si 2600C punya gw jadi korban kebrutalan gw *ciah* entah yg keberapa.
nah disinggung juga betapa gw kurang inisiatif... *biasa kalo Nyonya ngamuk mah merepet kemane2...*

gw pun mikir : why?
dan ga perlu waktu lama buat ngejawab.
apa itu?

gampangnya sih karena dari dulu emang si nyonya demen bgt marain gw
berantakan dikit? Nyonya will say : BERESIN!!! SEKARANG!!!
kotor dikit? BERSIHIN!!! NOW!!! ADUH, ITU MASIH ADA DEBU!!!

*penggunaan huruf kapital untuk mempertegas kesan marah*

itu belum termasuk merepetnya yg kesini-lah, kesitu-lah... kemana2-lah...

apakah itu dari gw kecil? YA.

dari umur 3 taunan ampe sekitar 6 taun? ho-oh.

setelah baca2 teorinya eyang Eriksson di buku hade alias Human Development, gw berkesimpulan :
selama periode 3-6 tahun itu gw termasuk gagal mengembangkan inisiatif dalam diri gw... ya karna kotor dikit-berantakan dikit langsung dimarahin itu...

kok bisa nyimpulin gitu?

oke, gw jelasin : usia 3-6 tahun menurut perkembangan psikososial eyang Eriksson adalah periode "inisiative vs guilty". dimana individu belajar mengembangkan inisiatif dalam mencoba hal baru dan tidak terbebeni rasa bersalah. kalau si individu sukses melewati tahap ini, hikmahnya adalah individu dapat menentukan tujuannya sendiri.

nah, back to story, efek dari rajin dimarahin itu adalah gw selalu takut nyoba sesuatu yg baru. gw takut, ntar kalo salah dimarahin... ntar kalo ga sesuai harapan bakal dimarahin... dan bla-bla-bla-alasan lainnya.

sometimes, gw benci ama diri gw yg begini...
tapi apa gw diem aja n biarin diri gw dijadiin bulan2an si nyonya terus?
wah bisa2 jadi perawan tua entar gw! GAMAOOOoooooo

gw ingin berubah.
namun di satu sisi gw takut berubah.
bukan, bukan karna gw takut menjadi dewasa...
gw lebih takut pada prosesnya...
gimana kalo gagal? gimana kalo ga sesuai harapan? *harapan gw, kalo harapannya si nyonya mah ketinggian*
gimana ini? gimana itu?
secara kalo gw "kepeleset" dikit si nyonya langsung ngamuk2 n ngedaftar kesalahan gw n bikin asumsi berdasarkan su'uzon-nya semata.
gimana kalo gw "kepeleset" saat gw dalam proses untuk berubah?

argh... I hate those questions... but... yeah, gw bertanya2 terus tentang ini...
sambil menjalani hidup gw n berusaha beradaptasi dengan perubahan itu, gw selalu bertanya seperti diatas...

Am I just too afraid buat ngejalanin suatu proses?

source : Human Development bab 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar