Senin, 08 Maret 2010

BLOG BUKAN TEMPAT UNTUK KEJAR POSTINGAN!!! Sebuah Curhatan Blogger



...what???...

komen temen1 : "biar keliatan sibuk yah??? -_-"
komen temen2 : "maksa abis..."
komen gw : "GW KANGEN DOSEN KESMEN!!!! HUEEEEEEEEEE" *nangis*

cuma itu komen gw? oh jelas ga cuma segitu...

kalo buat gw, apa yg disuruhkan itu dosen sama aja matiin fungsi otak kanan. kenapa?

jelas : mengajarkan mahasiswanya biar ga kreatif. ask why?

jelas, karena dengan 20 postingan (itu angka minimal pula), orang cenderung meng-copy paste apa yang mereka lihat setelah mencari di Google. Yap, just copying, pasting, masukkin sumber, klik "terbitkan entri", SELESAI!!! TA-DAAAA!!! Voila!!!
pertanyaan : paham gak ama materi yang di-post???

kemudian : melatih mahasiswanya biar asal masukkin artikel tanpa peduli sumbernya. padahal:

sumber artikel yang baik itu harus 2R :Reliable dan Relevant
jadi? jangan asal posting!!! ingat, data yang akurat lebih baik daripada asal comot! jadi utamakan akurasi data yang diperoleh!!!

lalu : melatih mahasiswanya menjadi kejar-postingan-minded. monggo...

apa sih kejar-postingan-minded?
ini sih istilah gw sendiri : dari kata kejar postingan yang artinya ngebet banget ngepost di forum atau blog tanpa peduli isinya gimana... yaaaa termasuk orang yang tipenya "quantity over quality"-minded alias "mentingin jumlah postingan daripada isi postingan tersebut"...

nah kalo tugasnya begini, ditambah kecenderungan yg disebutin di poin pertama, maka hasilnya adalah mindset seperti ini... mending kalo isinya berbobot... kalo gak?

oh, ga berarti yg ga berbobot itu jelek... but let's see... tugas dengan satu topik (dalam hal ini, ADHD), jumlah MINIMAL postingan 20, menghasilkan kecenderungan kejar postingan dengan cara asal tarik artikel yang dicari via Google...

ada yang ngeh ga hasilnya gimana? yap, artikelnya ga jauh beda!!!

*curhat* gw juga, dalam ngepost tugas ini juga harus googling dulu untuk dapetin datanya, dan gw sudah lihat sendiri, artikel2 tersebut memiliki pembahasan yang sama, poin-poin yang sama, hanya bahasa mereka saja yang beda, itu karena mereka ga asal copas, melainkan mencari sumber yang 2R tadi, kemudian mengambil intisarinya dan dikembangkan dengan bahasa mereka sendiri!

ada lagi, dari temen1 : "...apalagi kalo tiba2 ada yang kritik, dan kritiknya emang bener, pasti bakal bingung maw jawabnya"

nah loh, gimana itu kalo ada yang kritik misalnya "yaelah, repost ini... dah basi banget!!! mending gw baca aslinya!!!" wah, bisa2 kita dicap copycat... yap, walau sudah mencantumkan sumber sekalipun, ga menutup kemungkinan ada yg bakal komen kayak gini. mungkin mikirnya "ah ai-don-ker" (I don't care) tapi... ada yg mau gak dicap sebagai copycat hanya gara postingan di blog?

jadi, budayakan untuk tidak asal copy-paste artikel dan tidak kejar-postingan-minded dalam ngeblog!!!

Cheers,
Codename 169 = AFI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar