Jumat, 01 Juli 2011

Be A Good Seller!

So, ceritanya gue mau beli sepaket kartu YGO fake di fb...
Gw bilang ama sellernya kalo gw beli 50rb aja sebelum ongkir (biar memenuhi batas transfer tunai) n dia bilang dapet 400 lembar kartu

First thought : plus ongkir paling mahal 80rb lah...

Keanehan bermula pas seller minta harga dinaikin jadi 100rb... Fine, gw turutin : 100rb plus ongkir.
Itu aja dia masih minta naikin lagi jadi 110rb... Hell BBQ.

Gw tolak. Gw kekeuh 100rb plus ongkir sambil garuk2 pala.

Sampai disini, berat si paket masih belum ketahuan

Gw rada risih karna : "ni org kayanya ngebet pengen cepet2 deal". Akhirnya, well, gw deal dgn tambahan pembayaran max. 10 juli karna mau mbayar pesenan ama temen duluan.

Yg agak aneh lagi : then he wall me n blg ongkir ke depok 30rb... Masih tanpa nyebutin berapa berat paket orderan gw. Gak gw waro.

And yesterday, gw iseng2 nyari aplikasi jne and sejenisnya di Market n nemu 2 app langsung : Lacak Kiriman ama Courier.

Intermezzo : buat pembaca yg suka online shopping lewat kaskus atau fb, sangat disaranin buat donlod ini. It's helpful!

Back to topic :
So, gw iseng2 ngecek tarif kiriman depok-pekalongan (daerah si seller)

N guess what?

Via JNE :
20rb (reg) n 14rb (oke)

Via Tiki : 12rb (lupa nama paketnya)

Hell. Kalo sekilo untung di dia n kalo di atas 2 kilo untung di gw dong!

Atas dasar fair trade gw pun menanyakan berapa benernya berat orderan gw.

Kenapa : gini aja : kalo berat sekiloan jelas dia yg untung dong, sementara kalo beratnya di atas 2 kilo jelas gw yg untung...

100rb dikurang 60rb (kalo pake reg jne) atau 52rb (kalo pake oke jne) gitu lho. Ini gw pake itungan berat paket 3 kilo.

Dijawab : kalo emang ga niat gpp kok

OMBBQ

Well lalu gw konsul ama temen yg kebetulan punya pengalaman jualan di kaskus ama di fb.

He said that itu mencurigakan, mending batal... 100000 juga duit kale.

Fine then. Gw ga mau nanggepin lg deh... Mungkin tu kartu emang rejeki orang lain...

Untuk pembaca yg berprofesi as seller : please be honest n jangan nolak jika calon buyer minta info lengkap soal barang dagangan anda.
Anda jelas buyer puas dude. Sebaliknya... Anda gaje buyer bisa memble.

Untuk pembaca yg hobi beli2 secara online : jangan ragu buat nanya2 barang yg anda mau. Selengkap mungkin! Biar ga memble :D

PS : pengalaman saya belanja di kaskus, good seller otomatis ngasih detail barang yg dia jual. Kalaupun ga ngasih, ditanya pun dia berusaha ngasih info tentang dagangannya.

Hope bisa jadi pelajaran buat kita semua.

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar